Sejarah Desa Pengatigan

  28 Desember 2017  |  DESA PENGATIGAN

Konon pada jaman  kerajaan  islam pertama di tanah jawa khususnya di bumi Blambangan Banyuwangi oleh seorang Hang Mangku Bumi terkenal dengan nama Minak Djinggo. Sejalan dengan perkembangan jaman di daerah sekitar 17 kilometer arah selatan tepatnya di sebelah barat Desa Rogojampi Kecamatan Rogojampi, terdapat sebuah desa bernama Desa Pengatigan. Karena desa tersebut banyak sekali masyarakat yang mempunyai usaha telor dengan dengan bahasa jawa, TIGAN, maka terbentuklah suatu nama daerah Desa Pengatigan. Dengan harapan agar masyarakat Desa Pengatigan mempunyai jiwa dan tabiat yang bermanfaat bagi kelangsungan hidup. Di samping itu juga banyak para tokoh masyarakat khususnya sesepuh agama dan sesepuh adat sangat setuju dengan nama PENGATIGAN tersebut. Terbentuknya Desa Pengatigan tersebut pertama kali di Dusun Krajan. Dan Desa Pengatigan memiliki Empat Dusun yakni Dusun Krajan, Dusun Gurit, Dusun Cangkring, Dusun Lugjag. Dari keempat dusun tersebut mempunyai sejarah yang beraneka ragam.

Dusun Krajan adalah masyarakat yang memiliki usaha Tigan (telor) sehingga dusun krajan sendiri pusat keramaian Desa Pengatigan.

Dusun Gurit asal usul Dusun Gurit, kebanyakan masyarakat di dusun tersebut bermata pencaharian sebagai penjual bunga dan bunga – bunga tersebut banyak tumbuh di kebun sebagian besar penduduk membuat kue dari beras ketan yang terkenal dengan bahasa jawa “ Garit” maka dinamakan Dusun Gurit Desa Pengatigan.

Dusun Cangkring karena ditempat tersebut banyak tumbuh pohon cangkringan. Sehingga dinamakan Dusun Cangkring.

Dusun Lugjag karena fanatis terhadap agama Islam di Dusun ini banyak tokoh Ulama’ dan para Kyai yang mengajarkan tentang keimanan, konon di dusun ini ada sebuah pohon yang besar sekali tempat berlindungnya masyarakat bernama “ pohon Luh” dan setiap kali dibersihkan pohon  tersebut kotor kembali  ( Gejek) juga di dusun tersebut masyarakat tidak boleh mengadakan kesenian yang menggunakan alat seni seperti gong, kendang, kempul, dan sebagainya. Jika ada salah satu masyarakat ada yang melanggar maka di dusun Lugjag akan terjadi hujan dan menyebabkan becek seluruh dusun, berawal dari kejadian tersebut maka dinamakanlah Dusun Lugjag.

Contact Details

  Alamat :   Jalan Songgon No. 26 Desa Pengatigan Kec. Rogojampi - Banyuwangi
  Email : www.desakupengatigan@gmail.com
  Telp. : 0333 - 631376
  Instagram :
  Facebook : Pemdes.Pengatigan.1
  Twitter : @PengatiganRGJ


© 2019,   Web Desa Kabupaten Banyuwangi